February 29, 2012

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan paling tepat untuk generasi muda saat ini. Peserta didik dalam Gerakan Pramuka diajarkan diajarkan untuk bisa mandiri, berwatak mulia/bermoral dan cinta tanah air.
“Untuk itu Gerakan Pramuka saat ini tengah melakukan proses revitalisasi, seperti yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden kita,” ujar Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang, Ny. Hj. Hasti Soetadi saat membuka kegiatan Pesta Siaga Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Batang, di Lapangan Desa Kenconorejo Kecamatan Tulis tanggal 26 Pebruari 2012.
Hasti mengatakan, kita harus mampu meninggalkan pola pikir lama yang kurang bermanfaat, atau menciptakan suatu kegiatan yang kurang menarik, yang tentunya dapat menghambat perkembangan Gerakan Pramuka.
“Melalui revitalisasi tersebut diharapkan Gerakan Pramuka dapat menjadi wadah pembinaan bagi generasi muda yang kita cita-citakan bersama”, tandas Hasti.
Pembukaan Pesta Siaga ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Soetadi dan pelepasan balon oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang. Hadir dalam pembukaan pesta siaga dari unsur Mabicab, Mabiran dan Kwartir Ranting se Kabupaten Batang.
Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Supri Irianto, SPd mengatakan, Pesta Siaga tahun ini mengambil tema Cerdas Ceria Bersaudara, dengan sub tema Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan. Supri juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Pesta Siaga ini diikuti oleh 2 ( dua ) barung putri dan 2 ( dua ) barung putra tiap tiap Kwartir Ranting dari wilayah Kwarcab Batang yang memiliki 15 Kwartir Ranting.
Materi yang dilombakan dibagi atas beberapa warung yaitu agama, patriotisme, seni budaya, ketangkasan, ketrampilan dan bumbung sosial. Dari kegiatan Pesta Siaga ini akan diambil 2 ( dua ) barung putra dan 2 ( dua ) barung putri untuk maju mewakili Kwarcab Batang ke tingkat Binwil Pekalongan yang akan diadakan pada tanggal 18 Maret 2012 di Kota Tegal.
Di bagian lain, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Batang Imam Nugroho, S.Sos mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk membentuk watak generasi muda yang cinta tanah air, berbudi pekerti luhur, patuh pada orang tua. Kegiatan kepramukaan itu senantiasa fleksibel, terukur dan terarah serta mengikuti perkembangan kebutuhan saat ini dan yang lebih strategis adalah dalam rangka pembinaan generasi muda, tandas imam.
Setelah diadakan penilaian, terpilih yang akan maju ke tingkat Binwil Pekalongan adalah SDN Sawahjoho Warungasem dan SDN Kauman 7 Batang untuk putri, serta MI Subah dan MI Sidomulyo untuk putra. ( Sumber Berita : http://www.batangkab.go.id/)

No comments:

Post a Comment